PTR (Paid To Review)

Paid to Review (PTR) seperti namanya "Upah untuk Review" adalah sebuah program bisnis Internet dimana kita sebagai Blogger atau penulis diminta untuk menulis Review tentang produk / website / apa saja sesuai dengan keinginan sang Advertiser (pengiklan). Salah satu cara untuk bisa ikut PTR adalah kamu mesti punya blog (tapi tidak semua PTR mensyaratka ini) dan diusahakan blog kamu mempunyai pagerank yang bagus. Kalo kamu emang sudah punya blog yang cukup punya pagerank maka nggak ada salahnya kamu ikut PTR ini, karena hasilnya juga lumayan (Tapi dengan syarat harus lumayan gigih karena cari duit nggak semudah membalikkan tangan) daripada kamu cuma nulis blog buat keperluan pribadi yang cuma ngabisin waktu di internet dan ngabisin uang pula. Untuk dapat mengikuti bisnis PTR ini paling tidak kamu harus memiliki sebuah Blog dan minimal sudah memiliki PageRank 2, lalu klo bisa blog kamu harus berbahasa Inggris, soalnya kebanyakan Broker PTR hanya menerima Blog yang berbahasa Inggris (walaupun beberapa Broker bisa menerima Blog berbahasa Indonesia) . Setelah memenuhi kriteria tadi, maka yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mendaftar ke Broker-broker PTR. Ada banyak Broker PTR di Internet, beberapa di antaranya adalah : Blogsvertise, SponsoredReviews, Smorty, ReviewMe, dll.

Dalam setiap Review biasanya kita di bayar antara $2 - $500, tergantung nilai Blog kita. Soalnya semakin tinggi PageRank Blog kamu, maka semakin tinggi pula nilai sebuah Blog. Tidak cuma itu, dalam bisnis PTR ini nilai sebuah blog tidak hanya di tentukan oleh Google PageRank, namun beberapa Broker PTR juga melihat Alexa Rank, Technorati Rank, dan Link Popularity untuk menentukan nilai sebuah Blog.

Kalaupun blog kamu berbahasa Indonesia disarankan untuk ikutan sama SponsoredReviews, soalnya selain mereka menerima Blog yang berbahasa Indonesia kita juga dapat menentukan bayaran yang ingin kita terima. Kita bisa menentukan bayaran kita antara $5 - $500 per Reviewnya. Dan untuk Blog yang berbahasa Inggris kamu bisa ikutan dengan Blogsvertise, Smorty, ReviewMe, dan masih banyak lagi deh… Namun di sini kita ga’ bisa nentuin bayaran kita seperti di SponsoredReviews, jadi yang kita lakuin adalah menunggu sampai ada Advertiser (pengiklan) yang pengen di Review sama kita (ini yang bikin males :( )

Namun ada juga broker PTR yang tidak mengharuskan kita memiliki blog, seperti Ciao. Ciao adalah sebuah komunitas multi-million-strong online yang dengan kritis me-review dan menilai berjuta-juta produk serta layanan demi kepentingan konsumen lain. Tersedia gratis kepada konsumen di/dalam versi bahasa lokal di/dalam orang Eropa dan pasar Amerika Utara bagian Barat yang utama, Ciao menyatukan review konsumen tidak memihak dan informasinya up to date dari ratusan broker secara online untuk membuat perbandingan yang langkap dan cerdas di web. Kesaksian sukses Ciao : lebih dari 38 juta konsumen mengunjungi Ciao setiap bulan, membuat itu salah satu dari pintu gerbang belanja paling besar di Amerika Utara dan Eropa.

Tidak ada komentar: